Senin, 15 Oktober 2012

anti virus

Antivirus di Platform Linux









Ini adalah tampilan antarmuka grafis Avast yang berjalan di sistem operasi Ubuntu, salah satu sistem operasi yang menggunakan kernel Linux.
Ilustrasi: PCplus / Ilustrator: Yahya Kurniawan

Sejujurnya, virus yang berkembang biak di Linux bukanlah omong kosong. Ada cukup banyak virus yang bisa menyerang Linux, hanya saja memang jumlahnya tidak seberapa jika dibandingkan dengan virus yang mengganggu Windows. Tingkat kerusakan yang ditimbulkan juga ringan. Pun biasanya virus tersebut mudah dibasmi dengan patch yang dikeluarkan secara berkala oleh para pengembang Linux.

Nah, lalu buat apa ada antivirus untuk Linux? Begini. Karena sifatnya yang relatif kebal virus tersebut, Linux bisa dijadikan media untuk membasmi virus. Virus yang ada di mana? Ya, tentu saja yang menginfeksi sistem operasi Windows. Jadi, prinsipnya, peranti antivirus yang ada di Linux akan berperan sebagai dokter yang lalu melakukan diagnosa pada Windows yang sakit.

Cara melakukan diagnosa tersebut tentu bisa macam-macam, misalnya booting menggunakan Linux Live CD/USB, lalu partisi Windows dipindai menggunakan antivirus yang ada di Linux. Yang paling enak memang kalau di dalam sebuah komputer ada dua sistem operasi atau lebih, kamu tinggal booting ke Linux dan memindai partisi Windows yang dicurigai terinfeksi virus. Kalau kamu tertarik, berikut ini adalah beberapa alternatif antivirus di Linux yang bisa kamu coba.

avast! Antivirus
avast! Linux Home Edition adalah peranti antivirus yang tak berbayar. Meski tak berbayar, kamu tetap wajib melakukan registrasi untuk bisa menggunakan avast!. Registrasi dilakukan melalui halaman www.avast. com/registration-free-anti virus.php.

Perhatikan juga bahwa versi tak berbayar ini hanya boleh dipakai oleh pengguna rumahan. Institusi, bahkan yang bersifat tidak komersial sekalipun, tidak diperkenankan menggunakan versi ini. Kernel antivirus yang dimiliki oleh avast! bersifat identik dengan kernel yang dimiliki oleh sistem operasi Windows. Jadi sudah jelas antivirus ini ditujukan kepada siapa meskipun menginduk pada platform Linux. Paket instalasi avast! tersedia dalam format RPM, DEB, dan dalam bentuk source code...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

your comment